Rabu, Februari 29, 2012

PEDOMAN PENILAIAN PKL SMK FARMASI YANNAS HUSADA

BAB I

P E N D A H U L U A N

A.           LATAR BELAKANG
Tujuan Pendidikan Menengah Farmasi yang merupakan bagian dari tujuan pendidikan nasional adalah mendidik tenaga-tenaga farmasi yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berjiwa Pancasila dan UUD 1945,  memiliki integritas dan kepribadian, terbuka dan tanggap terhadap masalah yang dihadapi masyarakat khususnya yang berhubungan dengan bidang kefarmasian.
            Menurut UU no. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasiona bahwa Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat
            Berdasarkan tujuan di atas, maka lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Farmasi mampu:
1. Melakukan profesinya dalam pelayanan kesehatan pada umumnya, khususnya pelayanan  kefarmasian .
2.     Berperan aktif dalam mengelola pelayanan kefarmasian dengan menerapkan prinsip      administrasi, organisasi, supervisi dan evaluasi.
3.   Berfungsi sebagai anggota masyarakat yang kreatif, produktif, bersifat terbuka, dapat menyesuaikan diri dengan perubahan iptek dan berorientasi ke masa depan serta mampu memberikan penyuluhan kefarmasian kepada masyarakat dengan menjunjung tinggi martabat kemanusiaan.
4.      Membantu dalam kegiatan penelitian di bidang farmasi atau di bidang kesehatan lainnya yang terkait.
Sekolah Menengah Kejuruan Farmasi Yannas Husada Bangkalan  sebagai bagian tak terpisahkan dari Sistem Pendidikan Nasional juga wajib menterjemahkan tujuan pendidikan kejuruan secara nasional menjadi tujuan pendidikan pada tingkat kelembagaan dan/ atau sekolah
        Dalam pelaksanaan pendidikan, proses pembelajaran yang terjadi tidak terbatas di dalam kelas saja. Pengajaran yang berlangsung pada pendidikan ini lebih ditekankan pada pengajaran yang menerobos di luar  kelas, bahkan di luar institusi pendidikan seperti lingkungan kerja atau kehidupan masyarakat. Dalam hal ini praktek kerja lapangan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari sistem program pengajaran serta merupakan wadah yang tepat untuk mengaplikasikan pengetahuan, sikap dan keterampilan yang diperoleh pada proses belajar mengajar (PBM).  
Menurut Undang Undang RI No. 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan dan Peraturan Pemerintah No. 51 Tahun 2009 tentang Praktek kefarmasian, maka pekerjaan apoteker dan atau teknisi kefarmasian/Asisten Apoteker meliputi, industri farmasi, (industri obat, obat tradisional, makanan dan minuman, kosmetika dan alat kesehatan); Pedagang Besar Farmasi, Apotek, Toko Obat, Rumah Sakit, Puskesmas, dan Instalasi Farmasi Kabupaten.

B.   T U J U A N
Praktek Kerja Lapangan (PKL) bertujuan agar siswa dapat mengaplikasikan kompetensi yang telah diperoleh selama mengikuti pendidikan pada dunia kerja sesuai dengan kondisi sebenarnya di tempat kerja.

C.   P E N G E R T I A N
Praktek Kerja Lapangan adalah bagian dari mata pelajaran yang diberikan pada semester 2 (dua) Kelas XI, untuk memperoleh pengalaman praktek lapangan tentang pekerjaan kefarmasian di Rumah Sakit, Puskesmas, Instalasi Farmasi Kabupaten dan Apotik.

 BAB  II
P E R S I A P A N

A.   ADMINISTRASI
Persiapan administrasi dalam penyelenggaraan PKL meliputi :
1.    Pengorganisasian
Penyelenggaraan PKL dapat berupa  kelompok kerja (pokja) yang komposisinya dapat diganti setiap kegiatan PKL atau dibuatkan wadah tetap di dalam struktur Administrasi Pendidikan sebagai penanggungjawab kegiatan PKL yang ditetapkan oleh Kepala Sekolah dengan susunan sebagai berikut :
Susunan Kelompok Kerja PKL terdiri atas: Penanggung jawab (Kepala Sekolah), Ketua pokja, Sekretaris pokja, Bendahara pokja, anggota (anggota teknis dan anggota adminisrasi)
2.    Permohonan kerja sama
Permohonan kerja sama praktik kerja lapangan tergantung dari jenis lahan PKL dan disesuaikan dengan kondisi daerah masing-masing. Kegiatan PKL  diawali dengan  mengajukan surat permohonan izin menjadi tempat/lahan PKL kepada pimpinan institusi yang dituju yang ditandai dengan penanda tangan naskah kerja sama (MoU) antara SMK Farmasi Yannas Husada Bangkalan dengan institusi pasangan
3.    Penjajagan/Survei.
Penjajagan atau survei pendahuluan dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh kepastian tentang waktu penyelenggaraan PKL, kesiapan pembimbing/instruktur lahan PKL,  kepastian lahan PKL dan akomodasi peserta PKL serta rencana acara/kegiatan PKL.
 4.    Pembiayaan
Sumber biaya berasal dari Anggaran Rutin SMK Farmasi Yannas Husada Bangkalan. Pada umumnya komponen biaya untuk kegiatan PKL meliputi :
a.    Penjajagan lahan PKL
b.    Biaya administrasi untuk setiap lahan PKL .
c.    Honorarium pembimbing ditempat lahan PKL.
d.    Honorarium pembimbing dari  Akademi.
B.   M A T E R I
Materi Praktek kerja Lapangan  merupakan kompetensi yang harus dimiliki oleh siswa dalam  melaksanakan pekerjaan Kefarmasian serta untuk mencapai tujuan PKL, maka pada akhir proses pembelajaran PKL siswa diharapkan mampu :
a.    Melaksanakan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pada pelayanan farmasi baik dalam hal pelayanan resep, pelayanan non resep, pengelolaan sediaan farmasi dan pengelolaan dokumen.
b.    Membuat laporan hasil PKL secara sistematis dan terarah sebagai suatu karya ilmiah.
c.    Mempresentasikan hasil PKL di forum diskusi atau seminar.

C.   T E K N I S
1.    Jadwal
Jadwal kegiatan PKL disusun oleh Pokja PKL dan dikonsultasikan kepada Kepala Sekolah.
2.    Pembimbing PKL dan Nara Sumber.
Pembimbing PKL dan Nara Sumber adalah Guru tetap bidang produktif SMK Farmasi Yannas Husada Bangkalan dan pembimbing lahan PKL.

3.    Peserta PKL.
Peserta PKL adalah peserta didik kelas XI semester 2 (dua) atau yang telah dinyatakan lulus seleksi sebelum PKL.
4.    Penentuan Lahan PKL.
a.    Disetujui sebagai lahan PKL oleh institusi yang dituju.
b.    Tersedianya pembimbing teknis di lahan PKL.
c.    Jenis lahan PKL adalah: (1). Rumah Sakit; (2) Puskesmas dan (3) Apotek.
5.    Rencana kegiatan
Rencana kegiatan PKL adalah rencana kegiatan menyeluruh dan rencana kegiatan harian yang disusun dalam bentuk tabulasi.
6.    Tata tertib
Peserta PKL mematuhi tata tertib yang berlaku di Farmasi Yannas Husada Bangkalan serta tata tertib yang berlaku di tempat pelaksanaan PKL.
7.    Supervisi PKL
Supervisi dilakukan oleh pembimbing dari sekolah dan bertanggung jawab atas keberlangsungan PKL secara optimal.
8.    Seminar dan penilaian
Seminar PKL dilakukan pada akhir pelaksanaan PKL dan dinilai oleh pembimbing dari  sekolah serta pembimbing / instruktur lahan PKL.
9.    Laporan
Laporan disusun sesuai dengan sistematika pembuatan laporan PKL.
10. Evaluasi
Evaluasi dilaksanakan untuk mengevaluasi peserta, pembimbing, lahan PKL serta proses pelaksanaan PKL.
 

BAB  III
P E L A K S A N A A N

A.       SELEKSI
Peserta didik Farmasi Yannas Husada Bangkalan kelas XI semester 2 (dua) sebelum mengikuti kegiatan PKL diwajibkan mengikuti seleksi admisnistrasi dan akademik , yang dilaksanakan sekolah  . Tujuan dilakukannya seleksi adalah untuk mendapatkan  peserta didik yang siap melakukan PKL. Dengan dilakukannya seleksi ini diharapkan juga peserta didik lebih mempersiapkan diri mengikuti kegiatan PKL.
B.       PEMBEKALAN
Sebelum peserta didik melaksanakan kegiatan di lahan PKL, terlebih dahulu dibekali dengan pengetahuan dan gambaran tentang lahan PKL yang akan digunakan sebagai lahan pelaksanaan PKL Pembekalan diberikan oleh nara sumber yang terdiri dari guru tetap sekolah dan pembimbing lahan PKL.
Pembekalan Praktek Kerja Lapangan bertujuan agar peserta PKL :
1.    Memahami maksud dan tujuan pelaksanaan PKL.
2.    Memperoleh gambaran tentang keadaan yang akan ditemukan pada tiap lahan PKL.
3.    Dapat mengkaitkan materi pembelajaran yang diperoleh di sekolah dengan pelaksanaan PKL, sehinggga sudah mempersiapkan diri agar dalam melaksanakan kegiatan di lahan PKL dapat menerapkannya.


C.       PELAKSANAAN PKL
Pelaksanaan PKL adalah seluruh kegiatan praktek kerja yang terdiri dari :
1.    Kegiatan di lahan PKL.
(Kehadiran, pengamatan/pelaksanaan jadwal harian/ jadwal keseluruhan, diskusi, kerjasama, pencatatan)
2.  Pembimbingan oleh dosen pembimbing teknis/instruktur lahan PKL (sebelum dan selama PKL)
3.  Seminar / diskusi hasil PKL (Penilaian)
4.  Pembuatan Laporan hasil PKL
5.  Kegiatan PKL dilaksanakan selama 1 (satu) bulan pada setiap institusi pasangan.
  

BAB  IV
E V A L U A S I

A.   TUJUAN EVALUASI
Untuk menilai kemampuan peserta didik dalam menerapkan teori yang berkaitan dengan bidang kompetensi kefarmasian, baik secara teknis maupun administratif di lahan PKL sesuai dengan peran dan fungsi Tenaga Teknis Kefarmasian (Asisiten Apoteker).
Peran Asisten Apoteker (Kurikulum SMK Farmasi, Pusdiklatnakes):
1.    Pelaksana pelayanan kesehatan di bidang Farmasi
2.    Pelaksana produksi dalam bidang industri Farmasi
3.    Pelaksana pendistribusian sediaan Farmasi
4.    Penyuluh dan sumber informasi kesehatan di bidang kesehatan dan  Farmasi
B.   SASARAN EVALUASI
·         Peserta didik SMK Farmasi Yannas Husada Bangkalan Kelas XI
semester genap atau peserta PKL
·         Pembimbing PKL
·         Lahan PKL
·         Proses pelaksanaan PKL

Aspek evaluasi/Penilaian Praktek Kerja Lapangan:
A. Penilaian PKL Dalam Bentuk Aspek Sikap/non teknis
1.            Disiplin
·         Kehadiran dalam praktek sesuai waktu yang direncanakan.
·         Menyelesaikan tugas-tugas sesuai dengan waktu yang direncanakan.
2.            Minat / atensi
·         Pemusatan perhatian pada obyek praktek lebih banyak daripada hal-hal lain diluar obyek yang tidak relevant
·         Kemampuan menyimpulkan informasi-informasi yang diperoleh.
·         Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dalam setiap kegiatan praktek relevant dan mempunyai bobot/berarti.
3.        Kerja sama
·         Kemampuan kerja dalam bentuk tim
·         Kemampuan menerima saran dari orang lain
·         Kemampuan menjalin hubungan yang baik dengan pembimbing, sesama mahasiswa dan orang-orang lain yang berkaitan selama PKL
4.        Prakarsa
·         Usaha untuk menghubungi pihak-pihak yang berkait an dengan obyek-obyek PKL, guna  mendapatkan informasi.
·         Usaha mencari jalan keluar, pada setiap permasalahan yang dihadapi selama PKL
5.        Kejujuran
·      Keberanian mengemukakan koreksi serta saran-saran
·      Keberanian mengemukakan keterbatasan kemampuan diri.
6.        Kepemimpinan
·   Usaha membantu mengatasi kesukaran/kesulitan orang lain

7.        Kesopanan
·   Bersikap hormat pada pembimbing maupun setiap orang.
·   Kemampuan menyesuaikan diri dengan norma-norma yang berlaku pada masyarakat.
8.        Tanggung jawab
·   Usaha untuk menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan.
9.        Percaya diri
·   Ketenangan / penguasaan diri dalam setiap situasi PKL
10.     Ketekunan
·   Usaha membuat catatan-catatan selama PKL
·   Keberhasilan menyusun laporan pada waktu akhir PKL
11.     Ketelitian
·   Keberhasilan mendapatkan data-data yang lengkap sesuai dengan obyek  PKL.
12.     Kebersihan
·   Kebersihan dan kerapihan berpakaian selama mengikuti PKL
·   Usaha memperhatikan unsur kebersihan dalam setiap langkap PKL.

B. Penilaian Standar Kompetensi Tenaga Teknis Kefarmasian.
              Penilaian standar kompetensi Tenaga Teknis Kefarmasian ini disusun mengacu pada Keputusan Mentri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 573/MENKES/SK/VI/2008 tentang standar profesi Asisten Apoteker (Tenaga Teknis Kefarmasian/TTK). Berikut adalah unit dan elemen kompetensi Tenaga Teknis Kefarmasian sesuai jenjang pendidikan SMK Farmasi.
1.     Mencatat kebutuhan sediaan farmasi dan perbekalan kesehatan:
·           Memeriksa ketersediaan sediaan farmasi dan perbekalan kesehatan
·           Memeriksa persediaan sediaan farmasi dan perbekalan kesehatan yang mendekati waktu kadaluarsa
2.     Memesan sediaan farmasi dan Perbekalan kesehatan:
·           Memesan sediaan farmasi dan perbekalan kesehatan berdasarkan permintaan/ pesanan dari apoteker yang dituliskan dalam Surat Pesanan (SP)
3.     Menerima sediaan farmasi dan perbekalan kesehatan:
·           Menerima sediaan farmasi dan perbekalan kesehatan dan memeriksa kesesuaian pesanan
·           Memeriksa keadaan fisik sediaan farmasi dan perbekalan kesehatan
4.     Menyimpan sediaan farmasi dan perbekalan farmasi:
·           Menyimpan sediaan farmasi dan perbekalan kesehatan sesuai golongannya
·           Menyimpan sediaan farmasi dan perbekalan kesehatan sesuai bentuk sediaannya
·           Menyimpan sediaan farmasi dan perbekalan kesehatan sesuai sifat fisika dan kimia berdasarkan informasi dalam kemasan
5.     Melakukan administrasi dokumen sediaan farmasi dan perbekalan kesehatan:
·           Melakukan pengelompokan faktur pembelian dan resep
·           Menyiapkan, mengisi dan menyimpan kartu stok
6.     Menghitung/kalkulasi biaya obat dan perbekalan kesehatan:
·           Menghitung jumlah sediaan farmasi/ perbekalan kesehatan dalam resep
·           Menghitung biaya
·           Menginformasikan jumlah biaya
7.     Melaksanakan prosedur penerimaan dan penilaian resep:
·           Mampu mambaca dan menilai kelengkapan resep
·           Mampu membuat salinan resep
8.     Melaksanakan proses peracikan sediaan farmasi sesuai permintaan dokter:
·           Menyiapkan/mengambil sediaan farmasi
·           Meracik sediaan farmasi di bawah pengawasan Apoteker dan mengemasnya
9.     Menulis etiket dan menempelkannya pada kemasan sediaan farmasi
10.  Memberikan pelayanan obat bebas, bebas terbatas dan perbekalan kesehatan
11.  Melaksanakan prosedur penyerahan obat dan berkomunikasi dengan pasien (memberikan KIE)

C.   INSTRUMEN EVALUASI
Instrumen evaluasi dapat disusun oleh SMK Farmasi atau bersama-sama dengan pembimbing lahan PKL. Instrumen evaluasi harus disertai dengan petunjuk pengisian dan pedoman penilaian serta rentangan nilainya. Untuk keperluan evaluasi setiap pesrta didik diharapkan mempunyai buku laporan individu yang harus diisi oleh pesrta didik tentang semua kegiatan yang dilakukan dan diketahui pembimbing.
Instrumen evaluasi terdiri dari :
a.      Penilaian PKL dalam kategori Aspek Sikap (lampiran 2)
b.      Penilaian Standar Kompetensi Tenaga Teknis Kefarmasian
di Apotek, Instalasi Farmasi Rumah Sakit, Puskesmas dan
Instalasi Kabupaten. (lampiran 3)
c.      Bila perlu dapat ditambahkan penilaian terhadap pembimbing secara personal untuk tujuan pembinaan.

 D.   WAKTU EVALUASI
Dilaksanakan mulai dari awal kegiatan (Pembekalan) sampai akhir kegiatan Praktek Kerja Lapangan.

E.   KETENTUAN KELULUSAN
Peserta didik dinyatakan lulus PKL apabila nilai total PKL adalah lebih atau sama dengan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM = 68)

 


B A B   V
P E N U T U P

Program PKL bagi peserta didik SMK Farmasi Yannas Husada Bangkalan merupakan kegiatan yang mempunyai arti strategis, karena peserta didik dapat menerapkan ilmu, ketrampilan dan pengalaman yang diperolehnya setelah mengikuti pembelajaran teori dan praktikum yang diberikan di sekolah.
Diharapkan dari program PKL yang telah telah dilakukan oleh SMK Farmasi Yannas Husada Bangkalan dapat memberikan kontribusi positif bagi peserta didik, dalam hal pengalaman praktis yang dapat diterapkan di tempat kerja nanti.
Adanya buku pedoman PKL ini, diharapkan dapat memberikan informasi pada pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan PKL, sehingga pelaksanaan kegiatan PKL yang diselenggarakan SMK Farmasi Yannas Husada Bangkalan dapat dipersiapkan lebih seksama dan menggunakan sistem serta acuan yang sama, sehingga kekurangan yang mungkin ada dapat diminimalkan guna mendapatkan hasil yang optimal. 
Pedoman PKL ini belum mencakup semua lahan kerja Asisten Apoteker/Tenaga Teknis Kefarmasian, misalnya toko obat berizin, pedagang besar farmasi (PBF) dan instalasi pengawasan farmasi (Balai POM)
Sangat disadari bahwa Pedoman ini tidak terhindar dari kekurangan, kritik dan saran yang membangun dari semua pihak sangat diharapkan agar penyusunan panduan dan pelaksanaan PKL menjadi lebih baik.

LAMPIRAN 1
POLA KERANGKA DAN SISTEMATIKA LAPORAN PKL
(APOTEK/RUMAH SAKIT/PUSKESMAS/IFK*)
SMK FARMASI YANNAS HUSADA BANGKALAN

Penulisan laporan PKL terdiri dari 3 bagian yaitu  :
1.    Bagian awal berisi :
a.   Halaman judul
b.    Halaman pengesahan
c.    Kata pengantar
d.    Daftar isi.
2.    Bagian Isi terdiri dari :
BAB I       : Pendahuluan
A.   Latar Belakang
B.   Tujuan Praktek Kerja Lapangan (PKL)
C.   Manfaat Praktek kerja Lapangan (PKL)
BAB  II     : Tinjauan Umum Institusi Pasangan
A.   Ketentuan Umum tentang Institusi Pasangan
B.   Tugas dan fungsi Institusi Pasangan
C.   Pendirian Institusi Pasangan
D.   Pencabutan Izin Institusi Pasangan
E.   Pengelolaan Sumber Institusi Pasangan
1.    Pengelolaan Sumber Daya Manusia
2.    Pengelolaan Sedian Farmasi dan Perbekalan Kesehatan Lainnya
a.    Perencanaan
b.    Pengadaan
c.    Penyimpanan
d.    Administrasi
e.    Keuangan

F.    Pelayanan di Institusi Pasangan
1.    Pelayanan Resep/Pesanan
2.    Promosi dan Edukasi
3.    Pelayanan Residensial (Home Care)
4.    Pelayanan Obat Tanpa resep
5.    Pelayanan Narkotika
G.   Perpajakan
Bab III      : Pembahasan
A.   Waktu, tempat dan teknis pelaksanaan
B.   Sejarah Institusi Pasangan
C.   Tujua Pendirian Institusi Pasangan
D.   Pengelolaan
1.    Sumber Daya Manusia (SDM)
2.    Sarana dan Prasarana
3.    Pengelolaan Sediaan Farmasi dan Perbekalan Kesehatan Lainnya
a.    Perencanaan
b.    Pengadaan
c.    Penyimpanan
d.    Administrasi
e.    Keuangan
1)      Pemasukan
2)      Pengeluaran
E.   Pelayanan
F.    Perpajakan
G.   Evaluasi Mutu Pelayanan
H.   Strategi Pengembangan
Bab IV      : Kesimpulan dan Saran

3.  Bagian Akhir yang berisi :
      Daftar Pustaka
      Lampiran-lampiran.
1.      Lampiran 1: Denah lokasi Institusi Pasangan
2.      Lampiran 2: Denah Bangunan (Lay out) Institusi Pasangan
3.      Lampiran 3: Contoh Etiket yang digunakan di Institusi Pasangan
4.      Lampiran 4: Contoh Surat Pesanan Obat dan LPLPO
5.      Lampiran 5: Contoh Surat Pesanan Psikotropika
6.      Lampiran 6: Contoh Surat Pesanan Narkotika
7.      Lampiran 7: Contoh Apograph
8.      Lampiran 8: Contoh Kwitansi
9.      Lampiran 9: Contoh Surat Pengantar Laporan Narkotika dan Psikotropika
10.   Lampiran 10: Contoh Laporan Penggunaan Narkotika 
11.   Lampiran 11: Contoh Laporan Penggunaan Psikotropika
 __________________________
*) NB:  Penulisan laporan disesuaikan dengan Institusi Pasangan tempat PKL

 
LAMPIRAN 2
PENILAIAN ASPEK SIKAP/ASPIRASI PKL
TAHUN  2011/2012

Nama Siswa             :
NIS                         :          

NO:
ASPEK SIKAP /ASPIRASI
kriteria
Baik
Sedang
Kurang
1
Disiplin



2
Minat/atensi



3
Kerjasama



4
Prakarsa



5
Kejujuran



6
Kepemimpinan



7
Kesopanan



8
Tanggungjawab



9
Percaya diri



10
  Ketekunan



11
  Ketelitian



12
1Kebersihan.




Total Nilai



NB: Penilaian dilakukan dengan memberikan tanda cek list ( ) pada setiap Kriteria yang dipilih untuk setiap aspek yang dinilai.
                                                                          
                                                                                                 Pembimbing di tempat PKL




                                                                                                  (………………………..……..)

 
LAMPIRAN 3
PENILAIAN STANDAR KOMPETENSI ASISTEN APOTEKER
Nama Siswa             :
NIS                             :          
1.     Kompetensi Pengelolaan Sediaan Farmasi dan Perbekalan Kesehatan 

No

Kegiatan/Kompetensi
Pelaksanaan
Komentar dan Penilaian
(20-30)*
Ya
Tidak
1.






2.

3.






4.











5.





Mencatat kebutuhan sediaan farmasi dan perbekalan kesehatan:
·        Memeriksa ketersediaan sediaan farmasi dan perbekalan kesehatan
·        Memeriksa persediaan sediaan farmasi dan perbekalan kesehatan yang mendekati waktu kadaluarsa
Memesan sediaan farmasi dan perbekalan farmasi
Menerima sediaan farmasi dan perbekalan kesehatan:
·        Menerima sediaan farmasi dan perbekalan kesehatan dan memeriksa kesesuaian pesanan
·        Memeriksa keadaan fisik sediaan farmasi dan perbekalan kesehatan
Menyimpan sediaan farmasi dan perbekalan kesehatan:
·        Menyimpan sediaan farmasi dan perbekalan kesehatan sesuai golongannya
·        Menyimpan sediaan farmasi dan perbekalan kesehatan sesuai bentuk sediaannya
·        Menyimpan sediaan farmasi dan perbekalan kesehatan sesuai sifat fisika dan kimia berdasarkan informasi dalam kemasan
Melakukan administrasi dokumen sediaan farmasi dan perbekalan kesehatan:
·        Melakukan pengelompokan faktur pembelian dan resep
·        Menyiapkan, mengisi dan menyimpan kartu stok





* Ket: Pembimbing lahan PKL diharapkan memberikan komentar dan penilaian kepada siswa dengan range nilai 20-30

2. Kompetensi Pelayanan Sediaan Farmasi dan Perbekalan  Kesehatan

No
Kegiatan/Kompetensi
Pelaksanaan
Komentar dan Penilaian
(20-50)*
Ya
Tidak
1.





2.




3.






4.

5.

Menghitung/ kalkulasi biaya obat dan perbekalan kesehatan:
·       Menghitung jumlah sediaan farmasi/ perbekalan kesehatan dalam resep
·       Menghitung biaya
·       Menginformasikan jumlah biaya
Melaksanakan prosedur penerimaan dan penilaian resep:
·       Mampu mambaca dan menilai kelengkapan resep
·       Mampu membuat salinan resep
Melaksanakan proses peracikan sediaan farmasi sesuai permintaan dokter:
·      Menyiapkan/mengambil sediaan farmasi
·      Meracik sediaan farmasi di bawah pengawasan Apoteker dan mengemasnya
Menulis etiket dan menempelkannya pada kemasan sediaan farmasi
Memberikan pelayanan obat bebas, bebas terbatas dan perbekalan kesehatan



 * Ket: Pembimbing lahan PKL diharapkan memberikan komentar dan penilaian kepada siswa dengan range nilai 20-50

2.    Kompetensi Berkomunikasi dan Memberikan KIE kepada Pasien

No
Kegiatan / Kompetensi
Pelaksanaan                        
Komentar dan Penilaian
(10-20)*
Ya  
Tidak
1.
2.
3.
Menyerahkan obat kepada pasien
Berkomunikasi dengan pasien
Memberikan KIE kepada pasien







* Ket: Pembimbing lahan PKL diharapkan memberikan komentar dan penilaian kepada siswa dengan range nilai 10-20
           
4.    Nilai Total Kompetensi
 
NO
KOMPETENSI
NILAI
TOTAL NILAI
1
Pengelolaan Sediaan Farmasi dan Perbekalan Kesehatan


2
Pelayanan Sediaan Farmasi dan Perbekalan Kesehatan

3
Berkomunikasi dan Memberikan KIE kepada Pasien




Pembimbing di tempat PKL




(…………………………..…..)



LAMPIRAN 4
FORMAT PENILAIAN  AKHIR PKL


§  Nilai PKL                          :……….    (lampiran 3) x  60 % =…………
§  Nilai seminar/presentasi :  68  -  100                    x 20%   = ……….
§  Nilai laporan PKL           :   68  -  100                      x 20%   = ……….  
 Nilai akhir PKL :                                                               ……….
Keterangan nilai :                                                   
Angka
Huruf
79 - 100
A
68 - 78
B



Sponsor

OBROLAN